Yuk plesiran ke Wisata Kalibiru Kulonprogo !

Wisata kalibiru Kulonprogo – mungkin sebagian besar dari kita masih jarang atau bahkan sama sekali belum pernah mendengar nama daerah wisata tersebut. Mungkin yang terbayang dibenak pertama kali kita begitu mendengar nama tersebut adalah sebuah obyek wisata disekitar sungai :D (*kali = sungai dalam bahasa jawa). Anda salah jika mengira obyek wisata tersebut adalah tempat wisata air, karena Wisata kalibiru adalah sebuah kawasan hutan yang terletak di sekitar perbukitan menoreh desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta dengan ketinggian sekitar 450 mdpl.

Rute ke Wisata Kalibiru lewat mana ?

Wisata kalibiru dapat dicapai kurang lebih 1 jam dari kota Yogyakarta dengan melalui rute Jogja – Wates – Waduk sermo – Kalibiru. Rute tersebut dapat diakses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, akan tetapi pastikan kendaraan anda cukup prima karena untuk mencapai lokasi anda harus melewati jalanan dengan tanjakan – tanjakan yang cukup curam.

kalibiru

Hutan wisata Kalibiru (sumber plesirwisata.wordpress.com)

Daerah wisata kalibiru ini dahulu kala merupakan daerah perbukitan tandus karena sering terjadi pembalakan liar, kemudian karena kesadaran warga masyarakat sekitarnya, daerah ini kemudian dihijaukan kembali dengan ditanami banyak pohon. Setelah beberapa tahun sekarang daerah hutan wisata ini menjadi daerah yang hijau kembali dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Berapa sih biaya retribusi untuk masuk ke obyek wisata ?

Biaya retribusi untuk masuk ke hutan wisata kalibiru sangat murah yaitu Rp.3.000,00.

Ada apa aja di Kalibiru ?

Di hutan wisata kalibiru anda dapat menikmati hijaunya pemandangan diperbukitan menoreh dari ketinggian. Selain pemandangan hijau anda juga dapat melihat pemandangan waduk sermo dari atas bukit dan jika cuaca sedang cerah pantai selatan pun terlihat dari tempat ini. Tentunya anda tidak ingin melewatkan berfoto dengan latar belakang perbukitan hijau dan waduk bukan ? :D. Anda dapat juga treking di sepanjang hutan kalibiru, jalur tracking yang dapat ditempuhpun jaraknya bervariasi mulai dari 1,5 km, 3 km, 5 km dan juga 7 km.

Kalibiru

 Tempat berfoto di kalibiru (sumber thesundsund.blogspot.com)

 

wisata kalibiru

pemandangan perbukitan dan waduk sermo dari kalibiru

Di hutan wisata kalibiru terdapat fasilitas outbond bagi anda yang menyukai tantangan. Kalibiru juga sangat cocok digunakan untuk kegiatan perkumpulan atau makrab karena terdapat juga fasilitas cottage dan penginapan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *