Mencicipi Kuliner Legendaris Sate Klathak

Sate Klathak – Jika pada umumnya masakan sate ditusuk dengan menggunakan tusukan bambu dan menggunakan bumbu kecap atau bumbu kacang, sate klathak ini ditusuk dengan menggunakan jeruji besi dan dibakar dengan bumbu racikan yang sangat minimalis yaitu garam dan sedikit ketumbar. Sebagai pendampingnya, sate  ini disajikan dengan kuah gulai. Hal inilah yang membuat sate ini unik dan berbeda dengan sate – sate kambing pada umumnya.

sate klathak

Seporsi Sate Klathak

Mungkin anda bertanya kenapa harus menggunakan jeruji besi sebagai tusuk sate, bukan tanpa alasan karena jeruji besi bersifat menghantarkan panas sehingga membuat sate matang hingga ke bagian dalamnya. Dan lagi meskipun disajikan dengan bumbu minimalis, sate ini tetap terasa empuk, nikmat dan lezat. Sate klathak ini disajikan hanya 2 tusuk per porsinya, memang terkesan sedikit :D . Tetapi meskipun hanya 2 tusuk, daging – daging yang disajikan pertusuknya berukuran cukup besar jadi cukup mengenyangkan.

sate klathak pak pong

Warung Sate Klathak Pak Pong

Jika anda sedang pergi ke Jogja dan ingin menikmati sate ini, mampirlah ke warung sate klathak yang cukup terkenal di Jogja yaitu Warung Sate klathak Pak Pong. Warung Pak Pong ini terletak di Jalan Imogiri Timur km 7, anda harus berbelok kebarat kurang lebih 500 m jika sampai di perempatan lampu merah Jalan Imogiri timur km 7. Warung Pak Pong ini memiliki parkir yang cukup luas dan selalu ramai dengan pengunjung. Selain sate klathak di warung ini juga menjual sate kambing biasa dan juga tongseng kambing. Untuk harganya sendiri, sate klathak dibanderol tidak terlalu mahal dan cukup pas dikantong mahasiswa yaitu sekitar Rp. 12.000, 00 saja per porsinya. Jadi jika anda berkunjung ke Jogja, pastikan anda tidak melewatkan kuliner yang satu ini.

 

selamat makan & selamat jalan – jalan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *